Kedisiplinan Sangat Bermanfaat Untuk Diri Sendiri

DPD LDII Kota Metro | 23:52 | 0 komentar

Kedisiplinan Sangat Bermanfaat Untuk Diri Sendiri - Kata disiplin mungkin sangat sulit untuk dipraktekkan, berbicara saja memang sangat enak, namun sulit untuk diterapkan. Adabaiknya kita bahas terlebih dahulu apa itu pengertian disipli, disiplin adalah kesadaran untuk mentaati/mematuhi semua peraturan dan norma yang berlaku di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam kaitannya dengan disiplin diri, perlu kita ketahui bahwa manusia hidup di dunia ini, baik secara individu, kelompok atau kelompok yang lebih besar yang biasanya dalam bentuk organisasi selalu memiliki cita-cita dan ada keinginan untuk mewujudkan cita-cita tersebut yang dirakit dalam bentuk tujuan.


Sebelumnya juga kedisiplinan diri harus kita bentuk terlebih dahulu, Pembentukan disiplin diri adalah suatu proses penyatuan sikap atau tindakan dan merupakan mekanisme koordinasi yang baik antara keyakinan ( iman ), pemikiran dan gerakan jasmani terutama panca indera. Cepat lambat proses ini sangat tergantung pada besar kecilnya kadar keimanan yang ada pada diri itu sendiri. Kadar keimanan yang rendah bisa tumbuh menjadi tinggi apabila terus diberikan pembinaan melalui pemahaman ilmu quran dan hadist dengan cara mengaji dan menerima nasihat-nasihat agama secara quran dan hadist. 

Berarti adanya keimanan yang kuat pada diri seseorang diperlukan dimensi waktu dalam perjalanan suatu proses, sehingga pada suatu saat atau kondisi tertentu tercapainya suatu diri yang selalu taat dan patuh terhadap ketentuan yang diatur dalam quran dan hadits serta ketentuan yang berlaku di masyarakat dan diatur dalam ketentuan pemerintah.

Disiplin diri yang kuat hanya bisa terwujud bila tumbuhnya disiplin tersebut didasarkan pada keimanan. Kita sebagai seorang muslim iman kepada quran sebagai firmannya allah dan hadist sebagai sabdanya rasulullah saw, disiplin diri diwujudkan dalam bentuk kehidupan sehari-hari seperti mentaati aturan dan waktu sholat, puasa, zakat, ibadah haji, menuntut ilmu ( quran dan hadits ) dengan kehidupan lainnya secara quran dan hadits.

Dengan dasar keimanan, seorang muslim tidak lagi memiliki tujuan sebagai hasil rekayasa pikirannya, tetapi diarahkan dan diberitahu oleh sang maha pencipta ( Allah ) yaitu bahwa tujuan kehidupannya ingin masuk ke dalam surge allah dan terhindar dari neraka-Nya. Jadi dalam mencapai tujuan ini seorang muslim oleh allah dan rasul-Nya diberikan petunjuk-petunjuk selama hidupnya dengan strategi yang perlu dicapai yaitu diantaranya meningkatkan amal sholeh ( amal kebajikan ) semaksimal mungkin dengan cara memberdayakan pikiran, jasmani dan harta benda yang dimilikinya untuk kepentingan dalam jalan allah.

Category:

About ldiimetro.blogspot.com:
ldiimetro.blogspot.com adalah sebuah Blog Informasi mengenai Artikel Islam, Tips Islam, Nasehat, Opini, Organisai, LDII

0 komentar

Silahkan Berkomentar Sesuai dengan Tema Pada Postingan di Artikel.
"Anda Berkomentar Berarti Anda Peka, Sekian dan Terima Kasih Sudah Mengunjungi Blog Informasi LDII Metro"